Kunci Rahasia Sukses Financial Freedom dari Investasi Saham

Kebebasan finansial atau financial freedom atau dalam program pensiun muda disebut juga fire (Financial Independence Retire Early) adalah kondisi dimana seseorang memiliki kecukupan materi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa tergantung pada pihak lain. Secara lebih spesifik, kebebasan finansial dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memperoleh penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mempersiapkan kebutuhan di masa depan seperti pendidikan anak, rencana pensiun, dan memiliki dana darurat yang cukup.

Tujuan utama kebebasan finansial adalah:
  1. Punya banyak waktu
  2. Punya banyak uang

Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial, antara lain:

Active Income

Dapatkan active income sebanyak mungkin, bekerja keraslah selagi masih muda untuk mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya. Sisihkan terlebih dahulu sebagian active income untuk diinvestasikan. Lakukanlah hal tersebut segera saat kamu mendapatkan active income. Sisanya baru digunakan untuk yang lainnya, seperti pemenuhan kebutuhan hidup dan lain sebagainya.

Kerja keras kumpulkan active income, investasikan sebagian uangmu (sebanyak mungkin) agar kelak menjadi passive income.

Mengelola Keuangan secara Bijaksana

Milikilah perencanaan keuangan yang baik, seperti menyusun rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, merencanakan investasi yang tepat dan memiliki cadangan dana darurat. Pahami pentingnya investasi untuk memperoleh passive income yang dapat membantu meningkatkan harta kekayaan.

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian - Investasilah lebih dahulu, nikmati passive income kemudian.

Strategi Investasi Saham

  1. Investasi hanya pada perusahaan yang rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham.
  2. Investasi hanya pada perusahaan yang bagus, memiliki prospek yang baik untuk jangka panjang.
  3. Pilih saham yang valuasinya murah. Salah satu caranya adalah dengan melihat rasio PER dan PBV.
  4. Pilih perusahaan yang labanya besar. Dapat dilihat dari rasio EPS.
  5. Perhatikan manajemen perusahaan/direksinya. Apakah mereka adalah orang-orang yang memiliki kapasitas yang baik/capable dan bersih dari berbagai kasus kriminal.
  6. Pilih perusahaan yang liabilitasnya dibawah 50% dari total asetnya.
  7. Jangan melakukan diversifikasi jika uangmu masih sedikit. Diversifikasi bisa dilakukan jika uangmu sudah cukup banyak.

Compounding Interest

Menurut Albert Einstein, "compounding interest" adalah keajaiban dunia yang ke delapan. Proses gulung menggulung uang hasil investasi ini akan membuat nilai uangmu cepat naik berkali-kali lipat dari modal awal.

Untuk memperoleh keajaiban tersebut, jangan pernah mengambil dana investasi untuk pemenuhan kebutuhan hidup saat ini. Uang investasi hanya boleh anda nikmati saat anda sudah mencapai "financial freedom".

Menyiapkan financial freedom sedari dini adalah seperti menciptakan mesin pencetak uang yang akan dinikmati kemudian.

Nikmati Hidupmu Saat Ini

Sambil menyiapkan perencanaan untuk pensiun atau kebebasan finansial, tetaplah untuk selalu menikmati hidupmu dan bersyukur. Jangan hanya karena terlalu terobsesi dengan kebebasan finansial, kamu terlalu memikirkan atau terlalu berangan-angan yang berlebihan. Jalani hidupmu saat ini dengan sebaik-baiknya, sambil menerapkan upaya-upaya untuk kebebasan finansial di masa mendatang.

Sabar, Konsisten dan Disiplin

Syukuri seberapapun besarnya hasil dari investasimu. Sabar dan konsisten dalam mencapai target kebebasan finansial.

Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah kemarin, waktu terbaik berikutnya adalah HARI INI...

Dengan mencapai kebebasan finansial, seseorang dapat merasa lebih tenang dan aman secara finansial, tidak perlu lagi khawatir tentang masalah keuangan, serta memiliki kontrol penuh atas keputusan keuangan mereka. Kebebasan finansial juga memberikan kebebasan untuk mengejar impian dan tujuan hidup tanpa terkendala oleh masalah keuangan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki tujuan mencapai kebebasan finansial dan berkomitmen untuk mencapainya melalui upaya yang konsisten dan terencana.

Mulailah investasi sekarang juga untuk mencapai kebebasan finansial yang menjadi cita-citamu. Sabar, Disiplin dan Konsisten!

Posting Komentar

Tulis Komentar (0)

Lebih baru Lebih lama