Corp Action pada aplikasi RTI Business

Aksi korporasi (Corporate Action) yang dilakukan oleh perusahaan biasanya ditampilkan pada kolom Corp Action pada aplikasi RTI Business.

Dividend

Menampilkan history dividen yang dibagikan kepada pemegang saham. Pada menu dividen juga menampilkan dividen yang akan dibagikan dalam waktu dekat.

RTI Business

Penjelasan pada menu Dividen adalah sebagai berikut:

Price

Adalah nilai dividen per saham yang dibagikan kepada pemegang saham. Nilainya bisa dalam rupiah maupun dollar.

Cum Date

Adalah tanggal terakhir seseorang harus menjadi pemegang saham untuk mendapatkan dividen. Cum Date pada tahun 2024 adalah tanggal 5 Juli. Ini artinya anda harus memiliki saham LSIP sampai penutupan perdagangan saham pada tanggal 5 Juli 2024.

Ex Date

Adalah tanggal dimana seorang yang baru menjadi pemegang saham di tanggal tersebut tidak akan mendapatkan pembagian dividen. Ex Date pada tahun 2024 adalah tanggal 8 Juli. Ini artinya bila anda baru membeli saham LSIP pada tanggal 8 Juli 2024, maka anda tidak akan mendapatkan pembagian dividen.

Recording Date

Adalah tanggal dimana perusahaan akan melihat dan mencatat siapa saja yang berhak mendapatkan pembagian dividen.

Payment Date

Adalah tanggal waktu pembagian dividen ke rekening dana nasabah (RDN). Pada tahun 2024 payment Date nya adalah tanggal 25 Juli. Ini artinya pada tanggal 25 Juli 2024 dividen akan ditransfer ke rekening RDN pemegang saham.

RUPS

Adalah informasi tentang pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Corp Action RUPS

Right Issue

Adalah informasi yang menjelaskan mengenai right Issue.

Private Placement

Private Placement hampir sama dengan right Issue. Bedanya, pemegang saham yang akan membeli saham baru adalah pemegang saham yang sudah ditunjuk oleh perusahaan.

Stock Split

Adalah pemecahan nilai nominal per lembar saham. Tujuannya untuk menurunkan harga per lembar saham agar menjadi lebih murah sehingga transaksi jual beli saham menjadi lebih ramai.
Stock Split RTI Business
Pada gambar diatas, emiten DSSA melakukan stick split dengan rasio 1:10. Artinya harga per lembar saham DSSA senilai Rp 290.000 akan dipecah menjadi Rp 29.000. Harga per lembar saham yang awalnya Rp 290.000 akan menjadi Rp 29.000 setelah dilakukan Stock Split.

Di sisi lain, sebenarnya nilai nominal per lembar saham DSSA adalah Rp 250, sehingga nilai nominal per lembar saham DSSA setelah stock Split menjadi Rp 25.
Stock Split RTI Business
Dengan dilaksanakannya stock split dengan rasio 1:10 tersebut, maka jumlah saham yang diterbitkan dan disetor dalam DSSA akan berubah dari 770.552.320 (770,55 juta) saham menjadi 7.705.523.200 (7,70 miliar) saham.
Stock split

Reverse Stock

Adalah penggabungan saham.

Posting Komentar

Tulis Komentar (0)

Lebih baru Lebih lama